Kamis, 06 September 2012

BERSYUKUR ADALAH SENJATA PENTING

THANK GOD !!!"

BERSYUKUR ADALAH SENJATA PENTING
UNTUK MENGHADAPI PERSOALAN
--------------------------------------------------


ADA 3 JENIS MANUSIA

1. Orang yang terbiasa bersyukur.
2. Orang yang hanya bersyukur untuk hal2 besar.
3. Orang yg jarang & tidak biasa bersyukur.

Anda Termasuk dalam kategori mana?

-------------------

Ingatkah Anda akan sebuah kisah yg tercantum dalam Lukas 17 : 11-19.

Pada suatu waktu Tuhan tiba disuatu desa Samaria dan Galilea, Dia melihat di kejauhan ada 10 orang kusta. Orang kusta pada saat itu harus berdiri jauh antara orang sehat, karena penyakit kusta adalah suatu penyakit yang belum ada obatnya pada saat itu. Mereka berdiri jauh minimal sekitar 300 kaki atau hampir 100 meter. Pada waktu mereka melihat Yesus mereka berteriak, Yesus menoleh kepada mereka dan berkata "Pergilah perlihatkan dirimu kepada Imam-Imam. Sementara mereka berjalan apa yang terjadi? Kesepuluh orang kusta itu semuanya sembuh, semuanya ditahirkan oleh Tuhan.

Saat ini saya bukan berbicara mengenai kesembuhan secara jasmani tetapi apa yang saya ingin bagikan kepada saudara, seperti 1 orang diantara sepuluh orang yang tahir. Sepuluh orang semua sudah disembuhkan oleh Tuhan tetapi hanya 1 orang yang kembali kepada Tuhan dan lalu dia mengucap syukur, berterima kasih kepada Tuhan Yesus, dia tersungkur dihadapan Tuhan. Saat itu Yesus bertanya "Mana lagi yang 9 orang itu?"

Orang itu mendapatkan porsi yang luar biasa, keselamatan ada didalam satu orang yang sudah disembuhkan. Sembilan orang lain yang sudah disembuhkan mereka berjalan lenggang-kangkung ketempat yang lain. Mereka sama sekali lupa akan apa yang sudah mereka alami, mereka lupa semuanya.

Tuhan berbicara kepada kita semuanya pada hari ini kita semua adalah orang-orang kusta waktu dulu kita semua adalah orang berdosa. Memang saat ini orang yang percaya didalam Yesus kita semua sudah dibenarkan, dikuduskan, bahkan diselamatkan dalam nama Tuhan Yesus Kristus. Artinya seperti 10 orang kusta tadi begitu kita semua sudah ditahirkan oleh Yesus, seharusnya kita bersyukur tetapi yang bersyukur hanya 1 orang, 9 orang yang lain tidak ingat lagi siapa yang telah menyembuhkan.

Waktu saya mempersiapkan pengajaran ini, saya merenungkan Tuhan apa betul begitu banyak orang Kristen yang diselamatkan apa betul 9 orang ini mewakili 90% dari orang percaya yang tidak ingat lagi apa yang sudah dilakukan oleh Yesus. Apakah ini gambaran dari 90% jemaat yang sudah diselamatkan tetapi tidak mengucap syukur. Satu orang ini mewakili 10% dari seluruh jemaat yang ada boleh mengucap syukur atas pertolongan Tuhan.

Mari kita renungkan apakah hari-hari ini kita bersyukur atas segala yang sudah Tuhan berikan kepada kita? Tapi kembali lagi bertanya ulang apakah kita berada diantara yang satu orang, atau kita diantara 9 orang dimana mereka tidak mengucap syukur. Kenapa orang tidak dapat mengucap syukur dan berterima kasih kepada Tuhan? Kenapa banyak orang lupa akan akan apa yang terjadi dalam kehidupannya?

-------------------------

Sebelum melangkah lebih lanjut, saya ingin menceritakan sebuah illustrasi tentang Oma Gladys.

Oma comel Gladys adalah wanita tua paling pemarah di kota. Ia selalu mengeluh & menggerutu. Suatu hari, ia mengumumkan pada seluruh keluarganya, “Saya ingin seekor piaraan. Piaraan itu harus sempurna!” Ampyuuuun, keluarganya pasti mengalami kesulitan mencarikan seekor piaraan baginya.

Seorang keponakan laki-laki memberinya seekor kucing.
“Kucing ini Terlalu manja,” keluhnya dan mengembalikannya.

Seorang keponakan perempuan memberinya seekor kura-kura.
“Kura2 ini Terlalu lamban,” keluhnya dan mengembalikannya.

Seorang cucu perempuan memberinya seekor kakaktua. Setelah beberapa hari, ia mengembalikannya dan berkata, “Kakatua ini Terlalu cerewet!”

Akhirnya, mereka kegirangan ketika mereka menemukan seekor anjing istimewa yang sangat pintar. Pemilik toko bahkan mengatakan pada mereka, “Saya bahkan tidak tahu seberapa pintarnya anjing ini! Ia selalu memberi kejutan pada saya setiap hari.”

Seluruh keluarga begitu gembira, mereka memberkan anjing itu pada Oma Gladys, berharap anjing itu dapat memberi kesenangan dalam kehidupan wanita tua itu.

Hari berikutnya, keluarganya melihat Oma Gladys bermain catur bersama anjingnya! Wow! Mereka begitu terkejut, dan berkata, “Bibi Gladys! Itu pastilah anjing terpintar di seluruh dunia! Bibi pasti senang yach?”

Oma Gladys menyeringai, “Huh..., aku tak suka dengan anjing ini & aku akan mengembalikannya juga pada kalian. "

"Kenapaaa?" Seluruh keluarganya berteriak keheranan.

"Anjing ini terlalu bodoh! Kami maen catur 5 kali & ia sudah kalah 3 kali.” kata oma Gladys sambil ngomel2.

Apapun yang keluarganya lakukan, Oma ini tidak pernah merasa senang.

Pilihan ada di tangan kita: Bersyukur atau terus mengeluh. Saya percaya pilihan ini akan mempengaruhi kehidupan Anda…


--------------------------------------
FAKTA2 TENTANG BERSYUKUR
--------------------------------------

1. BERSYUKUR ITU PERLU DILATIH SECARA KONSISTEN

Efesus 5:20 Ucaplah syukur senantiasa atas segala sesuatu dalam nama Tuhan kita Yesus Kristus kepada Allah dan Bapa kita


Ketika segala sesuatunya berjalan baik, tidak sulit untuk bersyukur. Ketika badai menghadang dan angin menerjang dalam kehidupan, mulai terasa sulit untuk tetap bisa bersyukur. Jadi, kapan kita bisa bersyukur? Tak ada hal yang tak mungkin, jika kita mau belajar dan berusaha.

Mulailah membangun kebiasaan untuk mengucap syukur untuk setiap detil yang terjadi dalam hidup kita. Mulailah dengan hal-hal paling kecil dan sederhana. Bersyukurlah utk hal2 paling mendasar : "Terimakasih TUHAN, aku bisa makan hari ini, aku bisa tidur nyenyak hari ini, aku bisa mandi dgn segar hari ini, aku punya suami/istri yg baik, atau aku punya anak2 yg sehat."

Jika kita tekun melatihnya, Suatu hari pasti, kita akan menyadari kalau kita telah terbiasa untuk bersyukur.



2. MAKIN BERSYUKUR, HIDUP MAKIN MUDAH DIJALANI

Filipi 4:11 Kukatakan ini bukanlah karena kekurangan, sebab aku telah belajar mencukupkan diri dalam segala keadaan.
4:12 Aku tahu apa itu kekurangan dan aku tahu apa itu kelimpahan. Dalam segala hal dan dalam segala perkara tidak ada sesuatu yang merupakan rahasia bagiku; baik dalam hal kenyang, maupun dalam hal kelaparan, baik dalam hal kelimpahan maupun dalam hal kekurangan.
4:13 Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.


Waktu kecil saya begitu iri dengan seorang teman saya, anak seorang pengusaha yg kaya raya. Ia punya koleksi boneka2 StarWars, Ultraman, dsb LENGKAP & semuanya dibeli dari Amerika atau Jepang. ASLI! Ia punya komik2 DC (Batman, Superman, Spiderman, dsb) Asli dari Amerika. Sedangkan saya tak punya mainan mewah, paling2 cuman mobil2an plastik & komik Petruk Gareng. Teman saya tiap hari dijemput Mercy keluaran terbaru, sedangkan saya harus jalan kaki, meskipun setelah rajin menabung, tak lama saya bisa beli sepeda BMX kesayangan. Tapi tetap aja kalah jauh.

Teman saya juga punya Video (zaman itu masih Betamax) sedangkan saya TV pun cuma hitam-putih peninggalan kakek saya. Sehingga akhirnya saya sering numpang nonton di-rumah teman saya itu.

Dia juga punya Videogame (zaman itu masih ATARI, Atari adalah Videogame jadul generasi awal tahun 80-an). Saya paling suka Maen Asteroids, Combat & Pacman. Teman saya juga punya Gimbot (nama laen dari Game portable zaman itu "Game&Watch", yg merupakan Videogame portable generasi awal juga), sedangkan saya cuman punya lembaran kertas permainan Monopoli atau Halma. Tapi teman saya begitu baiknya minjemin saya Game&Watch/Gimbot itu sampe saya kecanduan maen : Kunfu, Western Bar, Kangaroo,Koala ama tentu aja Donkey Kong !!!!

**Bagi yg gak tau apa itu ATARI atau pernah tau & kangen pengen liat lagi, silahkan klik http://id.wikipedia.org/wiki/Atari_2600

**Bagi yg nggak tau apa itu GIMBOT/GAME&WATCH atau pernah tau & kangen pengen liat lagi, silahkan klik : http://id.wikipedia.org/wiki/Game_&_Watch

Saya merasa begitu iri & sering ngomel pada orangtua saya "Mengapa aku dilahirkan dari keluarga Miskin seperti ini?" bahkan saya pernah membuat orangtua saya menitikkan airmata ketika saya marah2 karena nggak bisa punya mainan2 seperti itu. (Saya sungguh menyesal jika mengingatnya). Orangtua saya hanya bisa menasehatkan satu hal waktu itu "Belajarlah Bersyukur, nak..." dan saya tetap marah2 pada mereka.

Tapi kini saya melihat hasilnya, kami sekeluarga dididik hidup sederhana, disiplin & cermat soal uang. Kami selalu diajar bersyukur menghadapi sulitnya hidup ini. Sedangkan teman saya itu begitu dimanja dengan berbagai fasilitas. Akhirnya sekarang saya & saudara2 bisa hidup cukup mapan, sedangkan teman saya itu hidup gagal & jatuh miskin serta akhir2 ini malah kecanduan narkoba.

Hal yg paling membuat saya sadar akan pentingnya didikan orangtua saya adalah saat teman saya yg dulu kaya raya itu tiba2 suatu hari datang ke-rumah saya setelah belasan tahun tak pernah bertemu & dengan kondisi yg lusuh ia memohon agar diberi utangan karena anaknya perlu susu. Saya tidak mau memberinya utangan, tapi saya mengajaknya ke-Supermarket & membelikannya susu, bubur, bedak, pampers dan berbagai keperluan bayinya serta beras, gula, minyak goreng, dsb utk keperluan keluarganya selama sebulan. Saya memang tidak suka ngutangin, tapi lebih baik memberi semampu saya.



3. BERSYUKUR ITU KEKUATAN LUAR BIASA

Yesaya 30:15 Sebab beginilah firman Tuhan ALLAH, Yang Mahakudus, Allah Israel: "Dengan bertobat dan tinggal diam kamu akan diselamatkan, dalam tinggal tenang dan percaya terletak kekuatanmu." Tetapi kamu enggan,


Saya juga pernah bangkrut habis2an karena ditipu orang. Saya marah, dendam, putus asa. Tapi semua kesulitan itu akhirnya berhasil saya lewati setelah saya belajar : BERSYUKUR. Dengan bersyukur, maka kehidupan menjadi lebih mudah dijalani.




------------
TIGA "B"
------------

Jika Anda ingin lebih Berbahagia dalam hidup ini, belajarlah ~TIGA "B"~

Apa itu?

- BERSUKACITA
- BERDOA
- BERSYUKUR

I Tesalonika 5:16-17-18
Bersukacitalah senantiasa. Tetaplah berdoa. Bersyukurlah dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu.

itulah yang akan memberi kekuatan besar dalam hidup Anda !!!

OK, Sebelum saya menutup Pelajaran kali ini, saya ingin Anda menyaksikan sebuah VideoClip yang sangat menyentuh ini. Semoga Anda bisa Belajar Mengucap syukur dalam segala hal.

Untuk melihat Videonya, Klik disini---->

http://www.facebook.com/video/video.php?v=1194171619917

Penulis: Pst. Wenas, gembala GBI Trinity Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar