Kamis, 06 September 2012

Ibu Pemarah Perburuk Asma Anak

Ibu Pemarah Perburuk Asma Anak

VIVAnews - Kondisi emosional ibu berpengaruh kuat terhadap kesehatan buah hati. Penelitian Kyushu University, Institute of Health Science di Jepang, mengungkap, ibu yang mudah marah meningkatkan risiko serangan asma pada anak.

Penelitian dilakukan selama satu tahun terhadap 223 ibu yang memiliki anak usia 2-12 tahun dengan asma. Penelitian fokus menyelidiki faktor yang memengaruhi tingkat stres serta gaya pengasuhan para ibu.

Mayoritas ibu memiliki sikap yang cenderung mendominasi, terlalu melindungi dan memanjakan anak-anak mereka. Selain memotret sikap para ibu terhadap anak-anak mereka, peneliti juga merekam karakter stres dan cara mengatasinya lewat kuesioner.

Hasilnya, anak di atas usia tujuh tahun terpacu mengalami serangan asma yang buruk jika ibu mereka cenderung terlalu melindungi. Sementara anak-anak usia lebih muda akan mengalami kondisi yang lebih buruk ketika sang ibu emosional, jengkel, atau menekan emosi mereka.

"Hasil penelitian kami menganjurkan untuk para ibu yang memiliki anak yang masih kecil harus memberikan perhatian lebih dan mengurangi kadar stres mereka," kata salah satu peneliti, Profesor Jun Nagano, seperti dikutip dari laman Telegraph.

Jun Nagano mengatakan, sikap emosional ibu akan memengaruhi tingkat stres anak. Inilah yang kemudian memicu penyakit asma yang diderita buah hatinya kian buruk. Penelitian ini dipublikasi di jurnal terbuka BioPsychoSocial Medicine: BioMed Central. (pet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar