Kamis, 06 September 2012

PANDANGAN HIDUPMU

BAGIAN PERTAMA:
-----------------------------------------------------------
"PANDANGAN HIDUPMU" (01 - HIDUP INI UJIAN)
-----------------------------------------------------------

Dulu, sejak kecil hingga SMA, saya memandang hidup ini adalah "SEBUAH DUNIA YG INDAH" makanya harus dinikmati. Sehingga saya senang bermalas2an dan betul2 menikmati kehidupan. Hidup toh hanya sekali...makanya harus benar2 dinikmati. Saya berhura2 kesana kemari karena uang saku dari papa saya cukup berlebih.

Hingga suatu hari, Papa saya mengalami musibah, tokonya terbakar habis, hartanya musnah & dalam sekejap Bangkrut, tidak bisa memenuhi kebutuhan & gaya hidup saya....bahkan saya diminta pulang kampung saja karena papa saya tidak kuat lagi membiayai sekolah & kehidupan saya dikota.

Sejak itulah saya terlunta2, cari uang sendiri, berusaha Survive dengan berbagai cara. Dan sejak itu pula, pandangan hidup saya berubah TOTAL !!!

----

Cara pandang Anda terhadap kehidupan akan menentukan masa depan & gaya hidup Anda. Ada yg berpikir bahwa hidup ini adlh : Panggung sandiwara, roller coaster, roda pedati, daerah ber-ranjau, teka-teki, simfoni, perjalanan, tarian, sepeda yg harus dikayuh, permainan kartu, dsb

- Jika kita pandang hidup sbg pesta, maka nilai utama hidup = bersenang2, perlombaan (Kecepatan/tergesa2).

- Jika kita pandang hidup sbg Lari Marathon, maka nilai utama hidup = Ketekunan.

- Jika kita pandang hidup sbg Pertempuran, maka nilai utama hidup = Kemenangan

- Jika kita pandang hidup sbg Penderitaan, maka nilai utama hidup = Kekecewaan

- Jika kita pandang hidup sbg Tekana, maka nilai utama hidup = Pemberontakan, dsb


Byk org menggambarkan pandangan hidupnya lewat : pakaian, perhiasan, rambut Punk, stiker, tatto, dll. Tapi pandangan TUHAN mengenai kehidupan berbeda dgn pandangan kita !!! (Roma 12 : 2)

Roma 12:2 Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.


Menurut Alkitab, hidup ini ada 3 hal, yaitu: sebuah Ujian, sebuah Kepercayaan & sebuah Penugasan !!!

- UJIAN
- KEPERCAYAAN
- TUGAS SEMENTARA

Mari kita bahas satu persatu.....


1. Kehidupan adalah sebuah UJIAN, Karena itu harus kita SELESAIKAN ( I Kor 10 : 13 )
-----------------------------------------------------------------------------------------------

- Didalam Alkitab, TUHAN terus menguji karakter, iman, ketaatan, kasih, integritas & kesetiaan manusia. Kata2 seperti : Ujian, pencobaan, pemurnian, dsb muncul lebih dr 200X dlm Alkitab, karena hal itu memang penting

- Abraham diuji ttg Ishak, Yakub diuji ttg Rahel, Adam/Hawa diuji, Musa diuji di-gurun, ada yg gagal & berhasil

- Karakter kita dibentuk melalui ujian2. Seluruh kehidupan adalah ujian. Ujian ttg Masalah, konflik, kegagalan, keberhasilan, orang2 baik & jahat, penyakit, kekecewaan, cuaca, dsb juga dlm perubahan2 besar dlm hidup, janji2 yg tertunda, doa2 yg tak terjawab, kritik2 yg menusuk, fitnah kejam, bahkan tragedi yg tak masuk akal

- Dari ujian sederhana yg tak kita rasakan, spt : bersikap sopan, bersihkan sampah di-gereja s/d ujian2 berat spt : Cerai, Bangkrut, PHK, saat2 sulit dimana kita tak bisa rasakan hadirat & pertolonganNYA?(II Taw 32:31)

2Tawarikh 32:31 Demikianlah juga ketika utusan-utusan raja-raja Babel datang kepadanya untuk menanyakan tentang tanda ajaib yang telah terjadi di negeri, ketika itu Allah meninggalkan dia untuk mengujinya, supaya diketahui segala isi hatinya.


Jika kita sadar bhw TIAP SAAT = UJIAN, maka tiada hal yg tak penting. Semua harus diperhatikan (Ef 5:15)

Efesus 5:15 Karena itu, perhatikanlah dengan saksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif,


Sehingga kita akan menjalani hidup ini Tiap hari, saat, detik menjadi kesempatan utk menumbuhkan karakter, menunjukkan kasih & lbh dkt dgn TUHAN.

---

Coba dong kita Diskusikan, Bagaimana Cara Pandang Anda terhadap kehidupan???
Apakah Anda pernah mengalami berbagai Ujian dalam hidup Anda???
Ujian terberat apa yg pernah engkau alami sehingga bisa mengubah cara pandangmu terhadap kehidupan ini??? Adakah???

Penulis: Pst. Wenas, gembala GBI Trinity, Surabaya





=================================================


BAGIAN KEDUA
---------------------------------------------------------------------
"PANDANGAN HIDUPMU" (02 - HIDUP INI KEPERCAYAAN)
----------------------------------------------------------------------

2. Hidup ini sebuah Kepercayaan yg harus kita jaga baik2
---------------------------------------------------------------------

Saya pernah mempunyai seorang kepercayaan di-Perusahaan saya. Seorang wanita, masih muda, cantik, cerdas & sangat berpotensi. Sebut saja namanya DEBBY.

Dia yang paling saya percayai dalam banyak hal. Pada tahun 2000-2001 aja gajinya sudah cukup tinggi, sekitar 10 juta waktu itu. Dengan inflasi 6-7% skrg mungkin gajinya sekitar 20 jutaan lebih yach?

Bukan hanya saya, namun seluruh anggota Direksi yang lain juga sangat mempercayainya. Dia merupakan Manajer yg Handal & salah satu Rising Star di-Perusahaan kami.

Hingga suatu hari, kami mengangkatnya dari Manajer Lokal menjadi Manajer Regional, yang menangani seluruh cabang Regional yg saat itu berada di-14 kota di-Jawa Timur, Bali & Indonesia Timur. Mulai dari tekhnis operasional hingga keuangan dipercayakan padanya.

Selama tahun pertama, semuanya baik2 saja. Namun pada tahun ke-2 mulai terjadi masalah. Tiba2 ada beberapa cabang mulai komplain ke-Pusat karena barang2 produksi pesanan mereka tak sesuai jumlah yg kami kirim. Lalu kami memeriksanya, dan memang kami tidak memenuhi pesanan2 mereka secara penuh karena memang jumlah order mereka ya segitu itu.

Ketika kasus ini masuk ke-tahap penyelidikan, maka ditemuilah banyak kejanggalan2, manipulasi pesanan, penundaan delivery, pengunduran jadwal pembayaran, dsb yg dilakukan oleh para Supervisors. Namun yg aneh adalah kejanggalan2 tsb dilakukan oleh para Supervisor yg setelah di-cek mereka semua telah keluar dari perusahaan sehingga sulit dilacak keberadaannya. Setelah ditelusuri, lama2 ketahuan juga bahwa Manajer Regional yg sangat kami percayai, si-DEBBY-lah yg menjadi dalang dari semua itu. Setoran 14 cabang yg dibawah kendalinya tak disetorkan namun diputarkan utk kepentingan Pribadinya. Kerugian perusahaan dari setoran 14 kota cabang kami senilai 1,4 Milyar waktu iitu.

Inilah akhir dari Drama Pencuriannya. Kasus ini masuk ranah hukum. Debby ditangkap Polisi, dijebloskan ke-Penjara. Habislah sudah karirnya. Setelah 5 tahun, ia dibebaskan. Namun semua karir gemilang yg dirintisnya telah hancur. Karena perusahaan kami mempunyai banyak Links, maka banyak perusahaan yg mengetahui kasus tsb & si-Debby sulit sekali mendapat posisi yg baik dalam pekerjaannya. Sehingga akhirnya ia membuka warung makan kecil2an di-Surabaya. Entah kenapa, tak lama kemudian ia bercerai, warung makan itu juga tutup & si-Debby hilang entah kemana sampai hari ini.

-----

Menurut Alkitab, Kehidupan adalah sebuah KEPERCAYAAN, Kita harus MANFAATKAN & JAGA BAIK2 (Mazmur 24:1 )

24:1 Mazmur Daud. Tuhanlah yang empunya bumi serta segala isinya, dan dunia serta yang diam di dalamnya.

Maka DIA-lah TUAN atas segala sesuatu, termasuk atas kita. DIA-lah yg punya Hak atas segalanya. Dan IA mempercayakannya kepada kita.

Kejadian 1:28 Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: "Beranakcuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu,

--BERKUASALAH--

atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi."


- Sadarilah bahwa Umur kita, harta, kepandaian, dsb, semuanya adalah pemberian TUHAN yg DIA percayakan utk kita kelola. Jadi...Kita bukan pemilik, hanya PENGELOLA. Karena itu kita harus akui bahwa TUHAN-lah pemilik semuanya

- Hidup kita ini singkat. TUHAN hanya meminjamkan bumi ini waktu kita disini, setelah kita mati TUHAN akan meminjamkannya pada org lain. Kita hanya bisa menikmatnya sesaat saja, waktu kita masih hidup.

- Tugas pertama Manusia adalah : Diberi pinjaman/kuasa utk mengelola "AKU memberimu kuasa" (Kej 1: 28). Oleh karena itu, segala sesuatu yg kita nikmati harus diperlakukan sebagai sebuah "Kepercayaan" dari TUHAN


- Hidup kita adlh Kepercayaan dari TUHAN, maka kita hrs pelihara & kembangkan baik2 (Mat 25:14-30)


Mat 25:14 "Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.
Mat 25:15 Yang seorang diberikannya lima talenta, yang seorang lagi dua dan yang seorang lain lagi satu, masing-masing menurut kesanggupannya, lalu ia berangkat.
Mat 25:16 Segera pergilah hamba yang menerima lima talenta itu. Ia menjalankan uang itu lalu beroleh laba lima talenta.
Mat 25:17 Hamba yang menerima dua talenta itupun berbuat demikian juga dan berlaba dua talenta.
Mat 25:18 Tetapi hamba yang menerima satu talenta itu pergi dan menggali lobang di dalam tanah lalu menyembunyikan uang tuannya.
Mat 25:19 Lama sesudah itu pulanglah tuan hamba-hamba itu lalu mengadakan perhitungan dengan mereka.
Mat 25:20 Hamba yang menerima lima talenta itu datang dan ia membawa laba lima talenta, katanya: Tuan, lima talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba lima talenta.
Mat 25:21 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia; engkau telah setia dalam perkara kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.
Mat 25:22 Lalu datanglah hamba yang menerima dua talenta itu, katanya: Tuan, dua talenta tuan percayakan kepadaku; lihat, aku telah beroleh laba dua talenta.
Mat 25:23 Maka kata tuannya itu kepadanya: Baik sekali perbuatanmu itu, hai hambaku yang baik dan setia, engkau telah setia memikul tanggung jawab dalam perkara yang kecil, aku akan memberikan kepadamu tanggung jawab dalam perkara yang besar. Masuklah dan turutlah dalam kebahagiaan tuanmu.
Mat 25:24 Kini datanglah juga hamba yang menerima satu talenta itu dan berkata: Tuan, aku tahu bahwa tuan adalah manusia yang kejam yang menuai di tempat di mana tuan tidak menabur dan yang memungut dari tempat di mana tuan tidak menanam.
Mat 25:25 Karena itu aku takut dan pergi menyembunyikan talenta tuan itu di dalam tanah: Ini, terimalah kepunyaan tuan!
Mat 25:26 Maka jawab tuannya itu: Hai kamu, hamba yang jahat dan malas, jadi kamu sudah tahu, bahwa aku menuai di tempat di mana aku tidak menabur dan memungut dari tempat di mana aku tidak menanam?
Mat 25:27 Karena itu sudahlah seharusnya uangku itu kauberikan kepada orang yang menjalankan uang, supaya sekembaliku aku menerimanya serta dengan bunganya.
Mat 25:28 Sebab itu ambillah talenta itu dari padanya dan berikanlah kepada orang yang mempunyai sepuluh talenta itu.
Mat 25:29 Karena setiap orang yang mempunyai, kepadanya akan diberi, sehingga ia berkelimpahan. Tetapi siapa yang tidak mempunyai, apapun juga yang ada padanya akan diambil dari padanya.
Mat 25:30 Dan campakkanlah hamba yang tidak berguna itu ke dalam kegelapan yang paling gelap. Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi."


- Jadi, jika mengelola berkat2 jasmani dg cara salah, bgmn TUHAN akan percayakan berkat2 rohani? (Luk 16:10-12)

Luk 16:10 "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.
Luk 16:11 Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya?
Luk 16:12 Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu?


Setiap anak2 TUHAN diberi Kepercayaan sesuai Kapasitas serta Response-nya dalam menerima Kepercayaan itu. Oleh karena itu, kita harus belajar utk selalu siap sedia & mau me-response Kepercayaan yg IA berikan pada kita. Jangan menunggu sampai engkau mampu. Karena semua yg TUHAN percayakan tidaklah bergantung kemampuan & kehebatanmu. Namun bergantung pada Anugerah & Kekuatan dariNYA. Yang penting hatimu dengan tulus bersedia & mau meresponse Panggilan & Tujuan TUHAN atas hidupmu.


Saya jadi ingat kata2 Uncle Ben kepada Peter Parker (Spiderman 1), Uncle Ben berkata : "With Great Power Comes Great Responsibility"

Videoclipnya bisa dilihat disini:

http://www.youtube.com/watch?v=8DfztIIqbTI&feature=related
http://www.youtube.com/watch?v=IKmQW7JTb6s


Jadi...Hidup ini adlh sbh UJIAN & KEPERCAYAAN, makin banyak diberi kepercayaan, makin banyak pula tanggungjawab kita dituntut

----

Coba Diskusikan :

- Menurut Anda Kepercayaan apa yg saat ini TUHAN percayakan padamu???
- Dan Bagaimana cara/usahamu mempertahankan kepercayaan itu???


Penulis: Pst. Wenas, gembala GBI Trinity, Surabaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar